Tuesday, August 9, 2011

Empat Penyempurnaan Iman


Rasulullah saw mengemukakan faktor-faktor untuk menyempurnakan imam, Rasulullah saw bersabda:
." Barang siapa cinta karena Allah, benci karena Allah , memberi karena Allah, tidak memberi karena Allah, maka dia telah sempurna imannya ." [HR Abu Dawud]
Berdasarkan hadist diatas, ada empat hal yang menjadi penyempurna iman diantaranya sebagai berikut :

1. CINTA KARENA ALLAH
Tambah kapsyen
Manusia boleh mencintai apa pun dan siapa pun juga, tetapi cintailah semua itu karena Allah. Misalnya Allah cinta kepada orang-orang yang bertaubat, maka kita pun harus menyintai orang tersebut meskipun sebenarnya kita tidak suka karena masalah lalunya yg buruk dan sering berbuat kejahatan.

2. BENCI KARENA ALLAH
Membenci karena Allah adalah membenci sesuatu karena memang Allah membencinya. Misalnya Allah tidak suka kepada orang yang sombong, maka kita pun membenci kesombongan.

3. MEMBERI KARENA ALLAH
Memberi karena Allah adalah pemberian yang didasari dengan keikhlasan dan memang Allah swt yang memerintahkan pemberian itu, misalnya suami diperintahkan memberi nafkan kepada istri, begitu juga orang tua kepada anak dan sebagainya.

4. TIDAK MEMBERI KARENA ALLAH
Tidak memberi karena Allah adalah tidak memberikan sesuatu karena memang Allah tidak membenarkannya, misalnya seseorang yang meminta uang dan kita tahu untuk perbuatan maksiat, seperti buat mabuk, judi dll. meskipun kita punya uang, janganlah sampai kita memberikannya .

No comments:

Post a Comment