Thursday, November 8, 2012

GUA BERSEJARAH DI DUNIA

1. Petra, Jordan
Kota Petra di Yordania @ Jordan dikenal sebagai tempat penggambaran filem Indiana Jones dan Perang Salib Terakhir. Ini juga salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru, dan sangat mudah untuk melihat mengapa pembinaanya termasuk yang paling canggih yang pernah dilihat. Di bina di dalam lereng Gunung Hor, Petra berkembang selama zaman Romawi, tetapi tidak diketahui oleh dunia barat hinggalah tahun 1812 ketika ditemukan oleh penjelajah Swiss, Johann Ludwig Burckhardt. Lebih dari 800 monumen individu dapat dilihat di Petra, termasuk makam,tempat mandi, ruang pemakaman dan kuil.


2. Al-Hijr, Saudi Arabia
Di antara tempat paling terkenal di Arab Saudi  adalah Al Hijr, juga dikenal sebagai Madain Saleh. Bagian depan di Al Hijr telah diukir di gunung batu pasir diperkirakan pada abad kedua SM. Al Hijr – yang secara harfiah berarti ‘tempat berbatu’ – diyakini telah dihuni oleh kaum Nabataeans dan Tsamud. Ini fitur telaga air, makam monumental awet, prasasti dan gambar gua.

 
3. Rock-Hewn Churches of Lalibela, Ethiopia
Struktur paling menakjubkan diukir dari batu adalah gereja-gereja Lalibela, Ethiopia. Sebanyak 11 batu dipahat gereja masing-masing telah diukir dari satu blok granit dengan beratapkan permukaan tanah. Pada abad ke-12 Raja Lalibela ditugaskan membina gereja-gereja dengan tujuan menciptakan Jerusalem Baru bagi mereka yang tidak dapat membuat ziarah ke kota sebenar. Setiap gereja diciptakan dengan mengukir parit lebar di ke empat sisi batu dan kemudian dengan susah payah memahat keluar interior. Yang terbesar di antara mereka berdiri setinggi 40 meter.Marvelous!!

4. Abu Simbel Nubian Monuments, Egypt
Empat binaan patung kuno Mesir Firaun Ramses II penjaga pintu Abu Simbel, sebuah kuil pemujaan Firaun yang diolah dari tebing batu pasir di atas Sungai Nil. Ditugaskan oleh Ramses sendiri, candi ini menghadap ke timur dimana dua kali setahun, sinar matahari dapat mencapai ke dalam ruang suci yang terletak paling ke dalam dan menerangi patung Ptah, Amun-Re, Ramses II dan Re-Horakhty. Namun Kompleks dipindahkan keseluruhnya dari tempat asalnya pada tahun 1960 untuk menghindari banjir ketika Danau Nasser telah dibuat.


5. Goa Gajah, Elephant Cave Temple, Bali
Gojah goa, Goa Gajah , merupakan salah satu tapak binaan Bali yang paling bersejarah. Gua tampaknya sebahagian telah hancur oleh bencana alam, dan tidak diketahui ujudnya selama berabad-abad hingga ditemui oleh sekumpulan ahli arkeologi Belanda pada tahun 1923. Diperkirakan monumen ini dibina pada abad ke 11, Goa Gojah menrupakan figur binaan  patung yang  dipengaruhi oleh Hindu dan Budha dan berisi ruang meditasi rahasia bagi para sami atau pertapa. Dua kolam renang mandi tradisional di luar gua dikatakan mengandung air yang memiliki sifat magis.

6. Cappadocia Cave Houses, Turkey
Cappadocia adalah salah satu dari 73 daerah/kawasan di Republik Turki, dan memiliki salah satu pemandangan paling aneh dan menarik di dunia. Tanah, batu kerdil fitur formasi batuan tufa ‘vulkanik aneh disebut sebagai’ Fairy Chimneys ‘serta kota-kota bawah tanah kompleks dan bangunan dipotong dari’ tufa ‘lembut. Kebanyakan bangunan adalah gereja, dengan kolom dan lengkungan menghias wajah batu dari sepotong dinyatakan alami dari batu.


7. Ancient Rock City of Matera, Italy
Di kota Matera batuan kuno di Italia barat daya, orang2nya tinggal di rumah yang sama seperti rumah yang nenek moyang mereka tinggal 9000 tahun yang lalu. Matera diciptakan dari jurang berbatu dan gua-gua alam yang banyak di daerah tersebut – disebut ‘Sassi di Matera’ – adalah rumah pertama  penduduk Neolitik yang mula2 tinggal di wilayah tersebut. Gua diciptakan dan diolah menjadi rumah, dan seolah mustahil untuk membezakan formasi batuan alam dari arkitektur kuno. Rumah-rumah tampaknya tumbuh dari batu dengan cara organik, menciptakan sedikit dari objek pameran pada pertengahan abad ke-20 sebagai sebuah kota hantu. Matera adalah tempat penggambaran filem Mel Gibson “The Passion dari Kristus ‘.

8. Yungang Grottoes, China
Rangkaian binaan Grottoes Yungang Datong di wilayah Shanxi China terdiri dari 53 gua dan 51000 patung, dan adalah salah satu contoh keindahan kesenian gua di China. Menara raksasa Buddha di atas puncak laluan angin yang melalui gua melihat terlihat banyak patung di dalamnya. Sebagian besar karya seni yang pernah dipamerkan  di dalam gua-gua itu telah  dicuri di awal abad 20 dan bangunan kuil kayu yang dilindungi disekitar sekali gua-gua telah habis terbakar. Jadi, tapak binaan ini sekarang sangat memerlukan perlindungan dan telah diisytiharkan sebagai salah sebuah tapak warisan dunia UNESCO.


sumber

No comments:

Post a Comment